Lalu tanggung jawab siapa dalam pengembangan wisata ini. Tentunya pasti akan langsung menyebut pemerintah daerah sebagai pemangku wilayah. Namun, sejatinya bukan hanya tanggung jawab pemda saja dalam pengembangan wisata. Masyarakat juga memiliki peranan penting dalam pengembangan wisata. Pemda disini hanya berurusan dengan pengembangan dan perawatan prasarana, serta promosi secara formal. Sedangkan masyarakat yang bertanggung jawab pada pengondisian iklim wisata yang nyaman dan ramah bagi wisatawan. Kita sering mendengar banyak kejadian dimana calon wisatawan enggan berkunjung karena merasa tidak nyaman dan bahkan merasa tidak aman. Masyarakat dan pemda memang harus besinergi dalam hal pengembangan wisata, tidak bisa beraksi sendiri.
Jika keduanya masih belum bisa serasi, maka pengembangan wisata daerah akan jalan ditempat. Banyak lokasi wisata baik buatan maupun wisata alam yang sekarang kurang lagi diminati karena tidak ada perawatan dan pengembangan lanjut. Akhirnya, banyak calon wisatawan yang berinisiatif mencari sendiri info tentang lokasi wisata yang ada di sebuah daerah. Memang, kita sekarang hidup dalam cepatnya akses informasi, membuat siapa saja bisa dengan mudah menyebarkan informasi. Dalam konteks ini, pengembangan wisata akan berhubungan erat dengan promosi baik secara langsung atau tidak. Dahulu mungkin dulu hanya bisa dilakukan dengan penyebaran brosur buatan pemda di pameran wisata. Namun, sekarang langkah yang efektif justru menggunakan media sosial, karena mayoritas masyarakat memiliki akun media sosial.
Hal yang menarik adalah muncul beberapa lokasi wisata yang yang justru menjadi populer karena media sosial. Informasi ala kadarnya serta foto apa adanya justru bisa menarik minat banyak orang. Fenomena ini belakangan terjadi di dunia media sosial. Akhirnya, beberapa lokasi wisata baru bermunculan karena kehebohan di media sosial tadi. Katakanlah beberapa bekas tambang batu kapur yang menjadi populer dijadikan lokasi wisata alternatif, kemudia beberapa pantai yang lokasinya tersembunyi kemudian ramai dikunjungi. Popularitas beberapa lokasi wisata di Madura saat ini didongkrak oleh Media sosial.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar